Mau Merenovasi Rumah Dengan Biaya Murah ? Ini Tips Nya

Berikut saya akan berbagi pengalaman, bagaimana cara mengirit anggaran untuk merenovasi rumah tinggal kita? Yang paling perlu diketahui terlebih dahulu adalah, apa alasan kita merenovasi rumah;

Apakah karena kondisi fisik rumah yang sudah usang dimakan usia?

Apakah karena luasan rumah sudah tidak memadai lagi untuk dihuni karena anggota keluarga yang bertambah sehingga butuh ruang-ruang privacy?

Apakah karena model rumah yang sudah membosankan sehingga perlu dirubah tampaknya?

Apakah lantai rumah anda sudah dibawah permukaan jalan lingkungan di depan rumah akibat pengaspalan jalan raya yang selalu dilakukan oleh pemerintah secara berkala sehingga berakibat banjir atau luapan air drainase kota masuk ke lahan rumah anda?.

Apakah karena baru saja anda membeli rumah ‘second’ sehingga perlu diperbaiki sebagian agar rumah tersebut layak di huni kembali?

Setelah kita mengetahui alasan kita merenovasi rumah, barulah kita kemudian mengurai apa saja kira-kira yang akan direnovasi; Atap, plafond, dinding, kusen, lantai, pondasi, kusen, listrik, plumbing atau instalasi saluran air bersih dan kotor atau konstruksinya mungkin?

Nah, dilansir jasa renovasi rumah berikut akan saya bagikan beberapa tips dan trik bagaimana mengirit biaya untuk memenuhi kebutuhan kita akan perbaikan rumah tinggal idaman kita. tentunya tanpa mengurangi kualitas dan estetika atau keindahan yang kita harapkan. Mulai dari cara membangun dan pemilihan bahan atau material bangunan.

  1. Jangan melakukan kegiatan renovasi di saat musim penghujan (September – Januari); Hal ini menyebabkan progres renovasi akan mengalami over head akibat proses pengerjaan yang terhambat akibat hujan yang turun, terutama bila yang direnovasi adalah bagian atap. 
  2. Jika anda mau merenovasi rangka atap lama yang biasanya dari bahan material kayu atau bambu yang mudah dimakan rayap? Gantilah dengan rangka baja ringan yang sudah banyak beredar di pasaran saat ini. Selain lebih murah, tentunya lebih mudah dipasang dan ringan dan kekuatanya tidak diragukan selama tukang yang mengerjakan mengikuti aturan rancangan konstruksinya. Alasan lain adalah karena saat ini kayu yang berkualitas sudah sangat sulit di dapat, selain harganya mahal juga sangat rentan di makan rayap   
  3. Jika anda ingin merenovasi kusen kayu yang sudah keropos akibat dimakan rayap, saya sarankan juga untuk tidak membeli kusen yang baru. Sebab kualitas kayu sekarang sudah berkurang mutunya akibat kayu yang ditebang muda sehingga sangat mudah memuai. Saya sarankan untuk membeli kusen bekas yang bisa direkondisi atau kayu bekas bongkaran rumah yang biasanya banyak dijual di pangkalan penjualan atau penampungan barang bekas atau barang bekas bongkaran rumah. Biasanya di kota-kota besar bisnis barang bekas ini banyak digandrungi oleh etnis Madura. Pilihlah kayu bekas bongkaran kuda-kuda atap dengan dimensi minimal 6/12. Belilah secukupnya yang anda butuhkan. Lalu bawa lah kayu-kayu bekas yang masih layak pakai tersebut ke workshop tukang kayu pembuatan kusen untuk dibuatkan kusen yang sesuai dengan selera anda. Dengan membeli kayu bekas dan membayar upah pembuatan ditambah lagi biaya mobilisasi anda, harganya tetap masih lebih irit daripada membeli kusen dengan kayu yang baru. Anggaran bisa tereduksi mencapai 40%.
  4. Jika anda ingin merenovasi lantai rumah anda?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *